Senin, 03 Juni 2013

Mau umur panjang? Hemat energi dari sekarang!

Adakah hubungan antara umur manusia dengan penghematan energy? Jawabannya adalah jelas ada. Perkembangan zaman yang semakin maju saat ini membuat banyak teknologi-teknologi baru bermunculan untuk memudahkan manusia untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Namun terkadang hal ini memang memiliki banyak manfaat tapi tidak sedikit pula kekurangan yang ditimbulkannya. Kebutuhan akan energi sangat besar dirasakan bagi kelangsungan hidup manusia, bayangkan apabila didunia ini tidak ada energi, maka kelangsungan hidup manusia pun menjadi taruhannya. Memang sumber energi bisa diperbaharui, hanya saja tingkat rehabilitasi dengan penggunaannya tidaklah seimbang sehingga suatu saat akan habis dan manusia benar-benar tanpa energi.
Dampak negatif dari pemborosan energi akan menimbun banyak emisi karbon di udara. Emisi karbon yang dihasilkan dari fosil ini akan menumpuk di udara, dan tidak bisa keluar dari atmosfer. Akibatnya lapisan ozon akan semakin menipis karena reaksi karbon dan menyebabkan pemanasan global seperti yang sudah terjadi sekarang ini.
Pada keadaan demikian, hal yang sebaiknya dilakukan adalah dengan melakukan penghematan energi atau penciptaan energi alternatif yang ramah lingkungan. Penghematan energi adalah perbuatan untuk mengurangi jumlah penggunaan energi dalam kehidupan sehari-hari, baik dikantor atau pun dirumah. Apabila penghematan energi ini dilakukan, maka kita dapat menghemat biaya dan mengurangi dampak negatif dari emisi yang dihasilkan dari penggunaan energi yang berlebihan.
Pemerintah juga telah banyak membuat kebijakan tentang penghematan energi, ini bisa dilihat dari 5 Kebijakan Hemat Energi Nasional yang dikeluarkan oleh Presiden. Namun itu semua menjadi percuma apabila kita sendiri tidak perduli dan mau melaksanakannya.
Beberapa contoh Kegiatan hemat energi yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari diantaranya adalah :
Mematikan televisi, keran air, komputer atau lampu jika sudah tidak digunakan.
Tanamkan kebiasaan menggunakan listrik pada saat yang diperlukan saja dan jangan berlebihan.
Memakai jenis pakaian yang nyaman dan sesuai kondisi cuaca dan suhu udara, sehingga mengurangi penggunaan energi untuk pendingin atau pemanas ruangan.
Buanglah sampah pada tempatnya
Mengembangkan dan melakukan penelitian untuk energi alternatif, misalnya energi biodiesel.
Penghematan energi dimulai dari diri kita sendiri jadi hematlah energi dari sekarang.
Demikian semoga bermanfaat.(Into Haryanto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar